google-site-verification: googlec79e1264c20fac82.html Conto Laporan PKL

ADS

loading...
jakeymp3.blogspot.com

Conto Laporan PKL

Advertisement
Advertisement
Conto Laporan PKL - Nah sekarang saya mau membuat Conto Laporan Pkl kenapa saya membuat artikel seperti ini karna agar dapat mempermudah siswa/siswi yang sedang mau membuat laporan perakerin oleh karna itu kalian semua tida usah lagi pusing2 atu caope2 membuatnya.

Karna disini saya sudah membuat artikrlnya dengan lengap jadi anda semua tinggal mengopasnya dan sedikit mengedit nya tida usah panjang panjang lagi mari kita simak artikel di bawah ini mudah muadahan bermanfaat..amiin.

Conto Laporan PKL

1.  LAPORAN PENGESAHAN DUDI


LEMBAR PENGASAHAN DUDI/INSTANSI
LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
MENGENAI PERAKITAN CPU
DI DIPE COMPUTER TASIKMALAYA

Oleh

........................
NIS.......................


Telah diperiksa dan disahkan pada
Tanggal....... Bulan                   Tahun 2018
Sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Prakerin


                         Mengetahui,
Pimpinan Instansi/ Perusahaan               Pembimbing Praktik DU/DI


Dwinantoro Saputra                                                          Heri Herdiana





LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH

LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
MENGENAI PERAKITAN CPU
DI DIPE COMPUTER TASIKMALAYA

Oleh

DONI
NIS. 1016171369

Laporan ini telah diperiksa pada
Tanggal ........ Bulan ...................... tahun 2018
dan
Disahkan oleh:
Penguji                                                                      Pembimbing Laporan



.......................................                                                         Yosi Siti Rosita, S. Pd
NIP.                                                                                        NIP.


Disetujui oleh:

Kepala SMKN Pancatengah                                                  Kepala Kompetensi Keahlian




Drs. Nana Iskandar, M. Pd                                                  Diki Gusrianto Sutardi, S. Kom
NIP. 19620313 199211 1 001                                                              NIP. 19830808 201503 1 001


ii


3. KATA PENGANTAR 2
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb.
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin) dengan baik. Kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) merupakan kegiatan yang sangat penting karena dengan melaksanakan Prakerin siswa SMK dapat Mengenal dan mengetahui dunia kerja dan dunia usaha yang sesungguhnya, setelah lulus nanti siswa sudah mempunyai pengalaman yang cukup dalam dunia kerja.
Tujuan penyusunan Laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin) adalah sebagai salah satu syarat mengikuti sidang Prakerin pada program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri Pancatengah. Selain itu juga berguna sebagai bukti siswa telah melaksanakan Prakerin Industri.
Dengan tersusunnya laporan prakerin ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada serangkaian pihak yang telah membantu baik secara moril maupun secara material dalam melaksanakan Prakerin serta dalam penyusunan laporan ini. Penulis ucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak Drs. Nana Iskandar, M. Pd selaku Kepala Sekolah SMK Negeri Pancatengah.
2.      Bapak Dwinantoro Saputra, selaku Pimpinan Perusahaan yang telah membimbing penulis selama melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri.
3.      Bapak Diki Gusrianto Sutardi, S.Kom selaku Kepala Program yang telah memberikan petunjuk dalam penyusunan laporan ini.
4.      Ibu Yosi Siti Rosita, S. Pd selaku Pembimbing dalam penyusunan laporan ini.
5.      Bapak Jeri Supriono dan Heri Herdiana selaku Pembimbing di perusahaan yang telah membimbing penulis selama melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri.
6.      Bapak/ Ibu guru serta staff TU SMK Negeri Pancatengah yang telah memberikan motivasi sehingga laporan ini dapat terselesaikan dengan lancar.
7.      Kepada kedua orang tua yang telah memberikan dukungan baik doa maupun materi sehingga penulis dapat menyelesaikan kegiatan prakerin dan menyelesaikan laporan ini.
8.      Serta seluruh rekan seperjuangan, terima kasih atas dukungan dan motivasi kepada penulis sehingga dapat menyelsaikan laporan ini.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa Laporan Prakerin ini masih jauh dari kesempurnaan. Namun, penulis berharap semoga Laporan Prakerin ini dapat bermanfaat bagi pembacanya khusunya bagi penulis sendiri.

Pancatengah, September 2018

Penulis





4. DAFTAR ISI


DAFTAR ISI
 Halaman
LEMBAR PENGESAHAN DUDI/ INSTANSI.................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH........................................................        ii
KATA PENGANTAR........................................................................................... iii
DAFTAR ISI........................................................................................................... v
DAFTAR GAMBAR............................................................................................ vii
BAB I   PENDAHULUAN................................................................................... 1
A.      Latar Belakang Praktik Kerja Industri ............................................        1
B.       Tujuan Praktik Kerja Industri ..........................................................         1
C.       Manfaat Praktik Kerja Industri............................................................... 2
D.      Waktu dan Tempat Prakerin.................................................................... 2
BAB II   GAMBARAN UMUM DUNIA USAHA/ INDUSTRI....................... 3
A.      Sejarah Berdirinya DU/ DI ................................................................      3
B.       Visi dan Misi Perusahaan...................................................................      4
1.    Visi..................................................................................................... 4
2.    Misi..................................................................................................... 4
C.       Bidang Usahan/ Kerja........................................................................      5
D.      Struktur Organisasi.............................................................................      5
E.       Deskripsi Kerja...................................................................................      6
BAB III   LANDASA TEORI  KAJIAN TEORITIS......................................... 7
A.      Pengertian Komputer.............................................................................. 7
B.       Perkembangan Komputer.................................................................       8
C.       Tiga Komponen Penting Dalam Sistem Komputer..........................      14
a.       Hardware..................................................................................      14
b.      Software...................................................................................      14
c.       Brainware.................................................................................      15
BAB IV URAIAN PELAKSANAAN PRAKERIN........................................ 16
A.      Cara Merakit CPU................................................................................. 16
B.    Kendala-kendala yang Dihadapi Selama Prakerin................................ 26
C.       Cara Mengatasi Masalah yang Dihadapi Selama Prakerin.................... 26
BAB V PENUTUP.............................................................................................. 27
A.      Kesimpulan............................................................................................ 27
B.       Saran...................................................................................................... 27
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................................
LAMPIRAN..............................................................................................................
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.................................................................................
                               


                                           DAFTAR GAMBAR

Gambar 1.1 Hardware........................................................................................... 14
Gambar 1.2 Software  ...................................................................................... .... 15
Gambar 1.3 Brainware.......................................................................................... 15
Gambar 1.4 Gelang anti statis................................................................................ 16
Gambar 1.5 Memasang motherboard.................................................................... 16
Gambar 1.6 Memasang Processor......................................................................... 17
Gambar 1.7 Memasang Socket Processor.............................................................. 17
Gambar 1.8 Memasang cpu cooler........................................................................ 18
Gambar 1.9 Memasang memasang ram................................................................ 19
Gambar 2.0 Memasang I/O panel..................................................................... .... 19            Gambar 2.1 Memasang motherboard           20
Gambar 2.2 Memasang power supply.................................................................... 20
Gambar 2.3 Memasang hardisk drive.................................................................... 21
Gambar 2.4 Memasang kabel power 24 pin.......................................................... 21
Gambar 2.5 Memasang cpu pin power............................................................. .... 22
Gambar 2.6 Memasang front panel........................................................................ 23
Gambar 2.7 Memasang kabel sata......................................................................... 23
Gambar 2.8 Memasang usb 3.0........................................................................      24
Gambar 2.9 Memasang panel HD audio..........................................................      24
Gambar 3.0 Merakit cpu selesai........................................................................      25





BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Prakerin
Proses pembelajaran di dunia kerja di selenggrakan dalam bentuk kegiatan praktik kerja industri (prakerin) di dunia usaha/dunia industri DU/DI yang sesuai.
Pelaksanaan praktik kerja industri SMKN PANCATENGAH untuk tahun pelajaran 2018/2019 yang dilaksanakan kurang lebih selama 3 bulan dari tanggal 02 juli  2018  s.d 15 september  2018 . DU/DI  yang dijadikan tempat pelaksanaan prakerin adalan DIPE COMPUTER yang beralamat di Jl.Permata Elok Ruko No.E4, Tasikmalaya yaitu sebuah tempat penjualan,service,instalasi,kursus dengan pembimbing prakerin DU/DI  yaitu  Jeri Supriono dan Heri Herdiyana.
Dipe computer merupakan  salah satu jenis usaha/tempat yang memberikan jasa service,instalasi,konsultasi dan penjualan perangkat komputer dan printer dengan kali ini penulis mengambil judul laporan prakerin ”Tentang Perakitan CPU”.

B.     Tujuan Prakerin
1.      Membentuk mental siswa – siswi agar mempunyai jiwa pekerja keras yang mampu konsisten.
2.      Menambah pengetahuan siswa – siswi di masing - masing bidangnya.
3.      Memberikan suatu motivasi dalam diri siswa – siswi agar menunjukan dirinya mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
4.      Memberikan bekal serta gambaran pada siswa – siswi seperti apakah bekerja itu.
5.      Memberikan suatu wawasan tambahan pada siswa – siswi tentang sesuatu yang belum didapatkan di sekolah.
6.      Sebagai pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep yang didapat selama melakukan PRAKERIN sehingga terbiasa dengan dunia lapangan kerja.
7.      Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman diera Teknologi Informasi dan Komunikasi.
8.      Mengembangkan pemantapan Profesionalisme yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia lapangan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.



                                                                                                                                                
C.    Manfaat Prakerin
Praktik Kerja Industri atau PRAKERIN merupakan suatu kegiatan kerja yang dilakukandi dunia Usaha atau dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semangkin banyak serta ketat dalam persaingannya, seperti di masa sekarang ini.
 Dalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri ini diharapkan setiap siswa – siswi mampu mengikuti kegiatan kerja serta memahami kegiatan kerja yang dilakukan di dunia Usaha ataupun di dunia Industri agar siswa – siswi tersebut dapat mencapai serta mendapatkan sesuatu yang baik dan berguna bagi dirinya serta agar siswa – siswi tersebut mampu menunjukan kinerjanya secara maksimal apa yang telah dilakukannya selama berada didunia Usaha atau dunia Industri sehingga mampu membuat dirinya diperhitungkan didunia usaha atau dunia industri. Selain itu membentuk mental dan motivasi siswa – siswi SMK sebagai tenaga kerja yang siap kerja serta mampu mandiri serta berjiwa pekerja keras, jujur, bertanggung jawab serta ulet dalam bekerja.

D.    Waktu dan Tempat Prakerin
Kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini dilaksanakan di DIPE COMPUTER Jl.PERMATA ELOK RUKO NO.E4 Kota Tasikmalaya dan pelaksanaannya berlangsung dari  tanggal 02 juli s.d. 15 September 2018.







BAB II
GAMBARAN UMUM DUNIA USAHA/INDUSTRI

A.    Sejarah Berdirinyah DU/DI
DIPE COMPUTER mulai perbaikan dan jual beli dari tahun 1999 di Singaparna,toko computer sedikit yang dilakukan yaitu jemput, satu mobil isi 5 orang langsung ke perusahaan dan dinas di kota Tasikmalaya.
Berjalan 1 tahun pindah ke Cirebon, tahun 2000 mencari tempat usaha baru ke daerah Jajahan, Cirebon Kuningan. Berjalan 1 tahun pindah lagi ke Tasikmalaya kerja untuk bekerja di Maskytek Computer 2001 bertahan 4 tahun sambil menambah ilmu dan pengalaman.
Tahun 2005 keluar dari Maskytek Computer. Tahun 2006 mulai menjalankan service keliling pelanggan sudah punya ke berbagai Sekolah, Dinas, Kecamatan, Kantor Desa, Perusahaan, Polsek, Polres Daerah Karangnunggal, Banjar,Singparna,Ciawi, dan Rajapolah.
Dan bantu-bantu service di toko computer yang membutuhkan tenaga seperti printer, CPU,proyektor, laptop, notebook, dan service keyboard. Karena belajar dari pengalaman yang sudah  pernah penulis lalui akhirnya penulis berfikir untuk membangun/membuka usaha sendiri.
Berdirinya toko ini pada 13 Februari 2016, diberi nama DIPE COMPUTER Kedai Laptop Kota Tasikmalaya yang beralamat di Jl.BKR Sebelah BKR No.7 Kec.Tawang Tasikmalaya, pada bulan Juli 2018 berpindah ke Jl.SILIWANGI di PERUM PERMATA RUKO No.E4 sampai sekarang.







B.     Visi dan Misi Perusahaan
a.      MISI
1.      Menciptakan siswa Prakerin yang memiliki MULTI keahlian yang sesuai dengan kejuruan peserta dan kebutuhan dunia usaha dan industri (DUDI)
2.      Menyempurnakan pengetahuan siswa baik dari segi informasi dan skill yang dipelajari dari SMK
3.      Sebagai tempat untuk mengembangkan bakat dan minat siswa
4.      Membantu siswa untuk mendapatkan keahlian/keterampilan sebagai bekal masa depan
5.      Menjalin tali persaudaraan dan persahabatan antar siswa Prakerin dari berbagai daerah serta berbagi informasi pendidikan sekolah
6.      Melatih siswa untuk Mandiri, Percaya Diri, Penuh Inspirasi, dan siap menghadapi masa depan dan tantangan.

b.       VISI
1.      Terwujudnya lulusan SMK yang memiliki etos kerja yang baik, disiplin dan berketrampilan sesuai dengan permintaan Dunia Usaha dan Industri (DUDI)
2.      Menjadikan Dipe Computer sebagai pusat Pratik Kerja Industri dan informasi bagi siswa Prakerin di tasikmalaya .
3.      Membentuk Forum peserta siswa Prakerin di Sumatera Utara sebagai wadah berbagi pengalaman dan informasi antar siswa Prakerin.
4.      Memiliki alat praktik yang lengkap dan modern bagi peserta Prakerin
5.      Perekrutan tenaga kerja terampil dari SMK Kejuruan TKJ untuk penempatan ke dunia usaha dan industri.



C.    Bidang Usaha/Kerja
·         Service Laptop
·         Printer
·         Infocus
·         Keyboard
·         Laptop Netbook
·         Komputer


D.    Struktur Organisasi










Plaque: Pimpinan Perusahaan
DWINANTORO SAPUTRA





Plaque: Pembimbing I
JERI SUPRIONO
Plaque: Pembimbing II
HERI HERDIANA

 




















E.     Deskripsi Kerja
Perakitan Komputer yaitu, merangkai semua komponen komponen computer untuk menjadi sebuah PC yang siap digunakan. Salah satu perangkat computer yang harus dirangkai adalah komponen pada motherboard. Komponen motherboard dapat dijelaskan sebagai berikut :
Motherboard adalah pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponenl yang terpasang padanya.






BAB III
LANDASAN TEORI KAJIAN TEORI

A.    Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata Komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sebagai pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).


       B.    Pekembangan Komputer
1.      Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Sejarah komputer generasi pertama yaitu digital elektronik atau bisa di sebut dengan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Merupakan salah satu yang digunakan sebagai kebutuhan umum.
Program pada ENIAC, sudah di rancang pada tahun 1942, dan baru    mulai di kerjakan pada tahun 1943 oleh John Presper Eckert dan Dr. John W. Mauchly di Moore School of Electrical Enginering (University of Pennsylvania) dan selesai pada tahun 1946.
Bentuk program ENIAC berukuran sangat besar, dalam penempatan program tersebut membutuhkan ruang sebesar 500m2. ENIAC memakai  18.000 tabung hampa udara, serta 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor dan menggunakan 70.000 resistor.
Ketika mulai dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik yang sangat besar yaitu 140 kilowatt. Dengan berat mesin lebih dari 30 ton, dan sangat memakan banyak ruangan 167 m2.
Perangkat lunak komputer yang pertama kali telah dikembangkan yaitu, komputer sebagai desain pesawat dan peluru kendali. Salah satu ilmuwan yang mengerjakan konsep pengembangan tersebut ialah Konrad Zuse, seorang Insinyur berasal dari Jerman.
      Pada pertengahan tahun 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bergabung bersama tim University Of Pennysylvania. Dalam proses membangun konsep desain komputer 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik dalam merakit komputer.
Von Neumann mendesain EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer)  pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik semacam ini, memungkinkan pembuatan komputer agar berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.

2.      Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
      Perubahan dalam Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua. Yaitu Transistor, alat canggih yang mampu maksimalkan kinerja komputer hanya dengan ukuran yang sangat kecil.
Penemuan alat ini, mampu mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua, dengan cepat. Pada 1959-1960an, para ilmuwan memulai menggarap komputer generasi kedua.
Beberapa diantara intansi, perusahaan, universitas, dan pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Maksud dari penemuan komputer generasi 2 ini adalah transistor, yang mampu membuat sejarah komputer generasi kedua, berukuran lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
Mesin pertama yang menggunakan teknologi terbaru ini adalah super komputer. IBM telah membuat super komputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand dan membuat komputer bernama LARC.
Sejarah komputer yang dikembangkan di laboratorium energi atom, dapat mengatasi sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh para peneliti atom.
Harga mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks, sebagai kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membuat keterbatasan dalam kepopulerannya. Hanya ada dua LARC telah dipasang dan digunakan, satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.
       


3.      Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Komputer generasi ketiga adalah perkembangan yang melalui tahap yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1964-1970an.
Dalam penggunaanya, transistor menjadikan kinerja komputer lebih cepat panas. Sehingga, membuat komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian salah satu seorang ilmuwan bernama Jack Billy, mencoba kembali melakukan penelitian.
Kemudian pada tahun 1958, dia telah menciptakan komponen yang lebih canggih lagi, dibandingkan dengan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Penemuannya Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu mengumpulkan dan menampung banyak komponen menjadi satu.
Pada generasi ketiga inilah sejarah komputer teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi salah satu ciri utama. Karena mulai familiar dan banyak digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang.
IC dibuat pertama kali oleh seorang bernama, Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang berisi hanya enam transistor saja. Bisa kita coba bandingkan dengan prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor.
Bahkan telah didesain prosesor yang memiliki miliaran transistor. Dari sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari setengah abad.





4.      Komputer Generasi Keempat (1970-2000an)
Komputer generasi keempat adalah regenerasi dari generasi ke tiga, perdaanya bahwa IC pada komputer generasi 4 lebih kompleks dan terintegrasi dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu generasi ketiga.
Pada generasi keempat, komputer sudah mulai menggunakan chip IC, kemudian baru mulai dikembangkan lagi. Oleh perusahaan Very Large Scale Integration. Untuk mencoba mengerjakan pengembangan tersebut sejak tahun 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal mampu menampung ribuan komponen.
Sejak tahun 1970 muncul dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi 4. yang Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang bisa disebut dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration.
LSI  merupakan sekumpulan pemadatan beribu-ribu IC, yang dijadikan satu pada sebuah keping IC yang bisa kita sebut dengan nama chip. Istilah penyebutan chip digunakan dalam menunjukkan suatu lempengan yang berbentuk, persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC.
LSI kemudian dapat dikembangkan lagi menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat menampung puluhan ribu bahkan hingga ratusan ribu IC.
Kemudian dikembangkan lagi menjadi komputer mikro, yang menggunakan semikonduktor dan mikroprosesor yang berbentuk chip. Sebagai memori komputer internal sementara, sedangkan generasi sebelumnya hanya menggunakan magnetic core storage.
Perusahaan Intel dari mulai tahun 1971 telah memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang sudah menggunakan chip prosesor dengan sebutan 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi hingga 60.000 operasi per detik.
Dilanjutkan lagi pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer dengan nama 8008 yang mampu memproses 8 bit informasi hanya pada satu waktu. Selanjutnya dilanjut dengan mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan yang merupakan prosesor sebagai tujuan umum pertama yang berhasil dikembangkan.
Jika sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang hanya sebagai kebutuhan aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kinerja kemampuan lebih cepat dan memilki set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan lebih dalam pengalamatan yang lebih besar.
Sejarah komputer pada generasi keempat memiliki tampilan monitor, masih menggunakan satu warna (green color).
Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan IBM 370, Apple I dan Altair yang sudah menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code).

5.      Komputer Generasi Kelima (Sekarang)
Komputer generasi kelima yaitu pada saat sekarang ini, tengah banyak sekali dilakukan pengembangan oleh berbagai vendor elektronik. Komputer generasi kelima sering disebut dengan komputer generasi masa depan.
Pada perkembangan selanjutnya akan ada bayak perubahan besar terjadi, bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan satu-satunya manufaktur PC-compatible.
Maka standar baru dalam dunia industri PC, akan lebih banyak di terapkan dan lebih dikembangkan oleh perusahaan lain. Seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W.Bill Gates yang saat ini telah menjadi pionir standar hardware dan software dunia.
Beberapa bukti diantaranya adalah munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi, penemuan-penemuan terbaru pada saat ini yang bisa kita temui.
Sejarah perkembangan komputer generasi kelima merupakan komputer, yang kita gunakan pada sekarang ini. Generasi ini ditandai munculnya. LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor di dalam sebuah microprocesor pada saat ini.
Selain itu, juga ditandai dengan munculnya semi conductor dan microprocessor.
Perusahaan yang telah membuat micro-processor di antaranya ialah perusahaan Intel Corporation, Zilog, Motorola, dan lainnya masih banyak lagi. Di pasaran dapat kita temui dengan mudah, dengan adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 80386, 8088, 80286, 80486, dan Pentium.
Pentium empat merupakan keluaran produksi terbaru dari perusahaan Intel Corporation yang diharapkan kedepanya dapat menutupi kekurangan dan segala kelemahan yang ada. Pada produk sebelumnya. selain itu, kemampuan serta kecepatan yang telah dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz.
Pada tahun 2001 Intel telah berhasil meluncurkan prosesor Itanium, merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama dari produk intel.
Itanium adalah prosesor pertama yang dimiliki Intel dengan  sistem operasi dan aplikasi, sementara itu produk intel masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit.
Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer mampu beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Pada saat sekarang ini komputer yang digunakan kebanyakan masih sering menggunakan yang berbasis 32 bit.

      C.    Tiga Komponen Penting Dalam Sistem Komputer
a.      


https://2.bp.blogspot.com/-EhGJiap_5gU/WNTYgn-o_vI/AAAAAAAAAhI/8vmIkL8KufYM57vP4qyhjKXKv4oxdL93gCLcB/s1600/KOMPUTER.jpg

Hardware
Hardware adalah perangkat keras atau bagian dari komputer yang dapat kita lihat dan dapat kita rasakan bentuknya seperti : keyboard, mouse, monitor dll


Gambar  1.1 Hardware


b.      Software
Software adalah kebalikan dari hardware yaitu perangkat lunak atau bagian komputer yang tidak dapat kita lihat atau kita rasakan dengan kata lain software adalah suatu sistem yang fungsinya adalah sebagai program komputer yang digunakan untuk mengontrol perangkat keras melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.




https://4.bp.blogspot.com/-00M8lY7K7HI/WNTYgurX-fI/AAAAAAAAAhM/0kdtRT2jJ7wKmu9qD-YG-C5Fju17W_19ACLcB/s1600/software.jpg

Gambar 1.2 Software


c.       Brainware


https://4.bp.blogspot.com/-lqks4tuOphg/WNTYghkCwFI/AAAAAAAAAhQ/h5G2QQQjW-IhCSSE4TlgbdgLEuoflih8ACLcB/s1600/USER.jpg

Brainware adalah kunci dari 2 bagian diatas agar komputer dapat berfungsi atau digunakan yaitu orang yang menjalankan komputer itu sendiri atau pengguna komputer tanpa ada pengguna komputer atau brainware komputer secanggih apapun tidak ada artinya.
Gambar 1.3 Brainware






BAB IV
URAIAN PELAKSANAAN PRAKERIN

A.    Cara Merakit CPU
Langkah 1
Adalah prosedur keamanan untuk membuang listrik statis pada badan agar pada saat menyentuh komponen tidak ada aliran listrik statis yang dapat membahayakan komponen.



Gambar 1.4 gelang anti statis

Langkah 2



Keluarkan motherboard dan letakkan. Di posisi seperti inilah kita akan memasang semua komponen pada motherboard.
Gambar 1.5 motherboard
Langkah 3
Keluarkan Processor dari boxnya dan pegang di ujung-ujungnya. PERHATIAN! Pin processor merupakan komponen yang sangat sensitif dan jangan sekali-kali menyentuh pin dengan tangan atau benda apa pun.




Gambar 1.6 Processor




Langkah 4
Buka pengunci socket prosesor pada motherboard lalu pasang CPU pada socketnya. Tidak perlu dipaksa atau ditekan karena apabila posisinya benar, cpu dan socket akan pas masuknya. Jangan lupa untuk kembali mengunci socket prosesor. Silahkan ditekan sedikit agar bisa mengunci pada kaitanya.
Gambar 1.7 socket processor




Langkah 5
Saatnya menginstall cooler. Untuk build baru dan menggunakan stock cooler (bawaan dari prosesor) biasanya sudah dilengkapi dengan thermal paste. Kalau pakai after market cooler, jangan lupa untuk mengoleskan thermal paste ke atas prosesor. Cooler AMD dan Intel bentuknya berbeda, tapi mekanisme pemasangannya sebenarnya sama aja. Letakkan di atas prosesor, lalu kunci. Apabila terkunci dengan benar, processor dan motherboard bisa terangkat hanya dengan mengangkat coolernya saja. Jangan lupa juga untuk mencolokkan power pin cooler pada motherboard yang bertuliskan CPU FAN.
Gambar 1.8 memasang cpu cooler
Langkah 6
Saatnya memasang RAM. Caranya cocokan lubang kecil pada ram dengan slot ram pada motherboard. Tekan agak sedikit keras sampai berbunyi click.
Sampai di sini, selesai proses memasang komponen pada motherboard (kecuali graphic card yang akan diinstall belakangan). Berikutnya kita beralih kepada casing.



Gambar 1.9 memasang ram

Langkah 7
Pasang I/O panel (biasanya terdapat dalam box motherboard) pada casing.



 








Gambar 1.7 memasang panel I/O
Gambar 2.0 memasang I/O panel

Langkah 8
Pasang motherboard ke dalam casing, jangan lupa untuk memasang baut pada motherboard dan stand off.




Gambar 2.1 memasang motherboard

Langkah 9



Memasang power supply pada casing. Kemudian kencangkan bautnya di bagian belakang casing.
Gambar 2.2 memasang  power supply




Langkah 10
Berikutnya, memasang hard disk drive. Colok kabel SATA serta kabel power dari power supply ke hardrive. Setelah semua komponen terpasang di dalam casing, saatnya menghubungkan kabel ke motherboard, baik itu kabel dari power supply ataupun kabel dari casing.

Gambar 2.3 memasang power supply


Langkah 11



Pertama, hubungkan kabel power motherboard. Biasanya berjumlah  24 pin atau 20 pin, tergantung motherboard yang digunakan.


Gambar 2.4 memasang kabel power 24 pin


Langkah 12



Selanjutnya, menghubungkan pin power CPU. Biasanya 4 atau 8 pin.
Gambar 2.5 memasang CPU pin power


Langkah 13
Menghubungkan Front panel pin untuk: power switch, reset switch, HDD LED dan Power LED. Langkah ini merupakan yang paling ribet dari yang lain karena pin Front panel yang kecil-kecil dan terpisah satu sama lain. Jalan satu-satunya agar tepat dan tidak salah colok adalah melihat manual book yang terdapat di box motherboard.












Gambar 2.6 memasang front panel





Langkah 14
Menghubungkan kabel SATA dari HDD drive ke SATA port pada motherboard.

Gambar 2.7 memasang kabel sata











Langkah 15
Menghubungkan kabel USB 3.0 dari casing ke motherboard. Langkah ini sifatnya optional karena tidak semua motherboard atau casing dilengkapi dengan fitur usb 3.0
Gambar 2.8 memasang USB 3.0




Langkah 16
Yang terakhir, menghubungkan HD Audio dari casing pada motherboard.

Gambar 2.9 memasang panel HD Audio



Selesai sudah tahap-tahap merakit CPU




Gambar 3.0 merakit CPU selesai



















B.     Kendala-kendala yang Dihadapi Selama Prakerin
1.      Komputer terasa lambat saat dioprasikan
2.      Komputer mati total
3.      Printer macet tinta tidak keluar

C.    Cara Mengatasi Masalah yang Dihadapi Selama Prakerin
1.      Komputer terasa lambat saat dioprasikan
Jika komputer terasa lambat, besihkan hardisk dan file-file yang tidak dibutuhkan lagi, atau tutup semua program aplikasi yang tidak digunakan.
2.      Komputer mati total
Lakukan pengecekan mulai dari kabel power yang mengarah ke sumber listrik, power supply, atau kabek port-port panelnya.
3.      Printer macet tinta tidak keluar
Cek printer apakah habis tinta atau tidak,  kalau masih coba ambil catrid yang masalah lalu cek head dengan tisu sampai keluar tinta kalau tidak keluar berarti catrid tersebut soalnya ganti catrid dengan yang baru.






BAB V
PENUTUP

A.      Kesimpulan
1.    Melalui Prakerin siswa dapat memperoleh wawasan dan keterampilan yang dapat dijadikan bekal untuk memasuki dunia kerja yang sebenarnya.
2.    Dalam bekerja kita harus disiplin baik itu waktu, sikap, dan tidak mengabaikan keselamatan kerja.
3.    Teori dan pelajaran yang di ajarkan di sekolah sangat membantu untuk mengembangkan potensi saat berada di dunia kerja
4.    Melalui pelaksanaan Prakerin penulis bisa mendapatkan tambahan ilmu baik itu dari pembimbing DU/DI maupun dari dunia maya.
B.       Saran
Setelah penulis menganalisa berbagai permasalahan dalam pelaksanaan prakerin, penulis berusaha memberikan saran-saran yang bermanfaat bagi kemajuan dan peningkatan pengelola sekolah.
1.    Mohon untuk menindak lanjuti siswa yang bolos supaya mereka jera dan tidak mau membolos lagi.
2.    Monitoring terhadap siswa ke instansi hendaknya sering dilakukan, sehingga semua kegiatan siswa dapat terpantau dengan jelas serta dapat mengetahui kendala atau masalah siswa di tempat perakerin.
3.    Lebih ditingkatkan lagi proses belajar mengajar supaya siswa tidak jenuh di dalam kelas.







LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
MENGENAI PERAKITAN CPU
DI DIPE COMPUTER TASIKMALAYA
Jln. Siliwangi Perum Permata Ruko No.18 Blok E.04
LAPORAN PRAKERIN

Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Akhir Kegiatan Praktik Kerja Industri

Oleh
DONI
NIS............



KOMPETENSI KEAHLIAN TEKINIK KOMPUTER DAN JARINGAN
PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
BIDANG STUDI KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
SMK NEGRI PANCATENGAH
2018








DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama                                                   : DONI
NIS                                                     :
Tempat Tanggal Lahir                         : Tasikmalaya, 08 Juli 2000
Jenis Kelamin                                      : Laki-laki
Agama                                                 : Islam
Alamat                                                            : Kp. Cibengang Ds. Jayamukti
                                                              Kec. Pancatengah Kab. Tasikmalaya
No. Tlp                                                :
Riwayat Pendidikan                           :
SD Negeri                                           : SDN Kertawana
SMP                                                    : SMPN Satu Atap 1 Pancatengah
Masih tercatat sebagai siswa kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri Pancatengah
Nama Orang Tua
Nama Ayah                                         :
Nama Ibu                                            :
Alamat Orang Tua                              : Kp. Cibengang Ds. Jayamukti
                                                              Kec. Pancatengah Kab. Tasikmalaya

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.
Hormat Saya,

 

 

 LANGKAH MERAKIT CPU



Langkah 1
Adalah prosedur keamanan untuk membuang listrik statis pada badan agar pada saat menyentuh komponen tidak ada aliran listrik statis yang dapat membahayakan komponen. Cara paling sederhana adalah dengan menyentuhkan tangan pada casing. Atau bisa juga dengan menggunakan gelang anti statis.
Gambar 1.1 gelang anti statis




Langkah 2
Keluarkan motherboard dan letakkan. Di posisi seperti inilah kita akan semua komponen pada motherboard.

Gambar 1.2 motherboard

Langkah 3
Keluarkan CPU dari boxnya dan pegang di ujung-ujungnya. PERHATIAN! Pin prosesor merupakan komponen yang sangat sensitif dan jangan sekali-kali menyentuh pin dengan tangan atau benda apa pun.




Gambar 1.3 Proccesor



Langkah 4
Buka pengunci socket prosesor pada motherboard lalu pasang CPU pada socketnya. Tidak perlu dipaksa atau ditekan karena apabila posisinya benar, cpu dan socket akan pas masuknya. Jangan lupa untuk kembali mengunci socket prosesor. Silahkan ditekan sedikit agar bisa mengunci pada kait
anya.
Gambar 1.4 socket prosesor




Langkah 5
Saatnya menginstall cooler. Untuk build baru dan menggunakan stock cooler (bawaan dari prosesor) biasanya sudah dilengkapi dengan thermal paste. Kalau pakai after market cooler, jangan lupa untuk mengoleskan thermal paste ke atas prosesor. Cooler AMD dan Intel bentuknya berbeda, tapi mekanisme pemasangannya sebenarnya sama aja. Letakkan di atas prosesor, lalu kunci. Apabila terkunci dengan benar, prosesor dan motherboard bisa terangkat hanya dengan mengangkat coolernya saja. Jangan lupa juga untuk mencolokkan power pin cooler pada motherboard yang bertuliskan CPU FAN.

Gambar 1.5 memasang cpu cooler



Langkah 6
Saatnya memasang RAM. Caranya cocokan lubang kecil pada ram dengan slot ram pada motherboard. Tekan agak sedikit keras sampai berbunyi click.
Sampai di sini, selesai proses memasang komponen pada motherboard (kecuali graphic card yang akan diinstall belakangan) Berikutnya kita beralih kepada casing.

Gambar 1.6 memasang ram
Langkah 7
Pasang I/O panel (biasanya terdapat dalam box motherboard) pada casing.



 








Gambar 1.7 memasang panel I/O


Langkah 8
Pasang motherboard ke dalam casing, jangan lupa untuk memasang baut pada motherboard dan stand off.




Gambar 1.8 memasang motherboard



Langkah 9
Memasang Power supply pada casing. Kemudian kencangkan bautnya di bagian belakang casing.




Gambar 1.9 memasang  power supply




Langkah 10
Berikutnya, memasang hard disk drive. Colok kabel SATA serta kabel power dari power supply ke hard drive.
Setelah semua komponen terpasang di dalam casing, saatnya menghubungkan kabel ke motherboard, baik itu kabel dari power supply ataupun kabel dari casing.

Gambar 2.1 memasang power supply




Langkah 11
Pertama, hubungkan kabel power motherboard. Biasanya berjumlah 24 pin atau 20 pin, tergantung motherboard yang digunakan.


Gambar 2.2 memasang kabel power 24 pin





Langkah 12
Selanjutnya, menghubungkan pin power CPU. Biasanya 4 atau 8 pin.


Gambar 2.3 memasang CPU pin power





Langkah 13
Menghubungkan Front panel pin untuk: power switch, reset switch, HDD LED dan Power LED. Langkah ini merupakan yang paling ribet dari yang lain karena pin Front panel yang kecil-kecil dan terpisah satu sama lain. Jalan satu-satunya agar tepat dan tidak salah colok adalah melihat manual book yang terdapat di box motherboard.




Gambar 2.4 front panel pin




Langkah 14
Menghubungkan kabel SATA dari HDD drive ke SATA port pada motherboard.


Gambar 2.5 memasang kabel sata







Langkah 15
Menghubungkan kabel USB 3.0 dari casing ke motherboard. Langkah ini sifatnya optional karena tidak semua motherboard atau casing dilengkapi dengan fitur usb 3.0


Gambar 2.6 memasang USB 3.0




Langkah 16
Yang terakhir, menghubungkan HD Audio dari casing pada motherboard.
Gambar 2.7 memasang panel HD Audio




Selesai sudah tahap-tahap merakit CPU




Gambar 2.8 merakit CPU selesai






Advertisement

terbaru

loading...